PERISTIWA

Akibat Hujan Deras Mengguyur Tasikmalaya 4 rumah Tertimbun Longsor

Akibat Hujan Deras Mengguyur Tasikmalaya 4 rumah Tertimbun Longsor

 

BeritaAktual87.id,Tasikmalaya,-

Bencana tanah longsor terjadi di Desa Cisempur, Kecamatan Cibalong, tepatnya di Kp.Cisempur RT.009 dan 30/RW. 002 Kabupaten Tasikmalaya -Jawa Barat. Kejadian bencana tanah longsor tersebut terjadi kurang lebih Pukul 02.00 WIB, Jum'at (9/6/2023).

 

Akibat bencana tanah longsor itu 

4 rumah semi permanen mengalami rusak, selain itu jalan penghubung Dusun Cisempur dan dan dusun Cijarah tertutup longsoran.

Picsart_23-06-09_18-04-38-814.jpg

Bencana tanah longsor tersebut diakibatkan oleh Intensitas hujan yang sangat tinggi yang turun dari Pukul 18.00 WIB s/d Pukul 09.00 WlB.

 

Sementara itu pihak pemerintah setempat bersama BPBD, Tagana, Muspika Kecamatan Cibalong dan bekerjasama dengan TNI-Polri serta warga setempat melakukan

penanganan darurat dan melakukan assessment ke lokasi kejadian bencana, bekerja sama  membereskan bekas longsoran dan membantu evakuasi terhadap warga masyarakat yang terdampak, serta selanjutnya melakukan upaya pemulihan pasca bencana.

 

Untuk warga yang terdampak sementara diungsikan ke rumah Ibadah ataupun ke rumah sanak saudaranya. 

 

"Menurut warga yang berada di lokasi dan terdampak hingga saat ini masih ada pergerakan pergeseran tanah".

 

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya DR.lr. H. Endang Saepudin mengatakan, Oleh sebab itu, upaya mitigasi dari pihak terkait, menghimbau kepada masyakarat setempat agar tetap waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, yang dikhawatirkan akan kembali terjadi longsor susulan. ( Guntur )

0 Komentar :

Belum ada komentar.