HUKUM

Mengungkap Fakta Lama! Dugaan Aroma Busuk Korupsi Di TPS Jalupang Karawang

Mengungkap Fakta Lama! Dugaan Aroma Busuk Korupsi Di TPS Jalupang Karawang

Beritaaktual87.id,Karawang- Diketahui kasus TPS Jalupang mencuat kepublik setelah beberapa permerhati dari  tokoh dan LSM dikarawang buka suara terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam proses pembangunan proyek tersebut.

Bahkan dari jejak digital yang ditemukan, sesungguhnya kasus tersebut sempat naik status ke tingkat penyidikan, seperti yang diunggah facebook,TVberita.co.id ( 9 Mei 2017 ), dengan judul , Kasus Proyek Turap Jalupang Segera Naik Kepenyidikan.

Seperti juga dirilis dari spirit.co.id,(9/5/2017). Kepala Kejaksaan Negri Karawang waktu itu mengatakan, " “Dalam waktu dekat ini kasus pembangunan turap di Jalupang akan segera kita tingkatkan ke tingkat penyidikan. Saat ini hasil penyelidikan atas kasus ini sudah selesai dan siap untuk dilimpahkan ke penyidikan setelah gelar perkara. Kasus ini sudah kita tangani sejak bulan Maret lalu hingga penyelidikan selesai,” 

Menyikapi  tidak tuntasnya proses penegakan hukum terkait hal diatas, ketua DPP LSM GPB Denis FW, S.H, mengungkap kepada wartawan, cikampek ( 10/10/2023)

Denis mempertanyakan profesionalisme penegak hukum yang menangani perkara ini.

Menurut Denis, seharusnya kalau sudah masuk tahap penyidikan berarti sudah ditemukan dua alat bukti yang cukup dan yang diduga tersangka sudah ada.

Denis menjelaskan , " Dalam Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), penyidikan adalah serangkaian tindakan penyidik untuk mencari serta mengumpulkan bukti "

"Seharusnya dengan kewenangan penyidik untuk melakukan pemanggilan, penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan, dan pemeriksaan surat secara paksa, kasus ini bisa dibuka dengan terang benderang ", Katanya.

Lanjut Denis, " Saya pastikan kasus ini akan kami dorong untuk diungkap kembali, biar tidak ada asumsi dan tanda tanya dalam masyarakat, agar semuanya jelas"

" equality before the law jangan cuman slogan, semua rakyat sama kedudukannya didepan hukum, tapi faktanya omong kosong "

"Siapapun yang terlibat dalam kasus jalupang ini, harus diungkap dan diadili, mau itu pejabat tinggi sekalipun harus sama dimuka hukum"

"Fiat justitia ruat caelum Hendaklah keadilan ditegakkan, walaupun langit akan runtuh", pungkasnya. ( Red )

0 Komentar :

Belum ada komentar.